Tuesday 10 November 2020

CARA MELATIH ANGGOTA SATPAM CEPAT TANGGAP



Lakukan 8 M untuk mempercepat proses kemampuan kerja bawahan anda

1.     MENERIMA
Menerima setiap orang yang baru ditugaskan/yang baru bergabung dengan team kerja kita,buat dia rileks sejenak,minta dia memperkenalkan diri didepan temannya pada saat apel,kemudian sampaikan keteman temannya agar berjanji mau mengajarinya dalam hal yang positif,karena tidak semua orang yang baru dikirim sudah berpengalaman dibidang security,andaikan sudah pengalaman belum tentu juga langsung bisa mengenal lokasi kerja yang  baru,semuanya butuh proses…

2.      MEMPERSIAPKAN
Lhat anggota anda yang baru bergabung,mungkin penampilannya yang masih culin seragam yang kurang rapi, siapkan anggota tersebut untuk dapat melakukan yang terbaik seperti teman teman seniornya,poles dia agar kelihatan tegap rapid an percaya diri.

3.     MELATIH
Latihlah anggota tersebut sesuai kebutuhannya,jika dalam penampilan atau pbb masih kurang bahkan tidak percaya diri latihlah dia dengan sabar,bahkan ketika dia diplotingan arahkan dia sesuai juklak di plotingan tersebut.

4.      MENGARAHKAN
Arahkan anggota tersebut selama yang bersangkutan masih belum paham dengan kondisi area/plotingan,jelaskan apa saja tugas dan tanggung jawabnya.

5.      MEMONITOR
Memonitor anggota Seperti apa yang telah anda lakukan diatas monitorilah pekerjaannya apakah benar benar  sudah dilaksanakan apa yang kita sampaikan,catat bagian bagian mana yang masih lemah dan perlu bimbingan.

6.      MEMPERBAIKI
Kenapa harus diperbaiki? Jika hasil dari monitor anda ternyata anggota tersebut belum ada kemajuan dan hasilnya belum maksimal, maka lakukan lagi perbaikan. Tujuannya supaya apa yang anda lakukan tidak sia-sia. .

7.    MENGUJI
JIka anda sudah melatih, mengarahkan, monitor dan memperbaiki maka harapannya adalah sudah tidak ada lagi istilah salah atau lalai dalam melaksanakan tugas, maka tinggal bagaimana anda mengujinya .

8.    MEREKAM
 Rekamlah Semua yang sudah anda lakukan terkait dengan tugas dan tanggung jawab anda sebagai komando, harapannya bisa mempermudah pekerjaan anda. Jika yang anda lakukan ini konsisten dan berkesinambungan maka ini bisa anda jadikan referensi untuk menambah wawasan dan kekayaan ilmu security yang anda miliki. Ini yang dimaksud dengan pola pembinaan yang terprogram dan terukur. Mudah – mudahan Team  yang anda pimpin bisa menjadi role model/contoh bagi proyek lain.



No comments:

adsene