Saturday 7 November 2020

SEJARAH SINGKAT SATPAM INDONESIA

 


Satuan pengamanan atau yang sering kita sebut sebagai SATPAM: adalah Satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/ badan/ proyek/ badan usaha untuk melaksanakan  pengamanan phisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa dilingkungan/kawasan kerjanya

Satpam sendiri pertama kali ditetapkan oleh kepala kepolisian  negara republik indonesia Jenderal Polisi  Prof DR.Awaloedin Djamin.MPA  melalui surat keputusan  Kapolri  No pol :Skep/126/XII/1980 tanggal 30 desember 1980 tentang  POLA PEMBINAAN SATPAM.
Berawal dari skep itulah setiap tanggal 30 Desember diperingati  menjadi hari Satpam.

Jenderal  polisi  PROF.DR AWALOEDIN DJAMIN.MPA (lihat profilnya disini) sewaktu menjabat  sebagai kepala kepolisian republik indonesia  telah meletakkan kebijaksanaan pola pembinaan SATPAM ,dan selanjutnya secara Pribadi diluar kedinasan,terus menerus menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk penyempurnaan dan pengembangan profesionalisme SATPAM.

Atas jasa-jasa beliau itulah, berdasarkan surat rekomendasi  dari badan pengurus pusat Asosiasi Profesi Security Swakarsa Indonesia (APSSI) No 21/APSSI/XI/1993   tanggal 24 desember 1993 kepada KAPOLRI  yang saat itu dijabat oleh Letnan Jenderal  Polisi Drs BANURUSMAN ASTROSEMITRO .

APSSI merasa terpanggil untuk  menyampaikan rasa hormat serta terimakasih dari semua anggota Keamanan Swakarsa Indonesia untuk mengusulkan kepada Kapolri  semoga Bapak Prof DR .Awaloedin Djamin,MPA dapat diangkat menjadi  BAPAK SATPAM seluruh indonesia.

Atas dasar  surat rekomendasi  APSSi  dan mendengar saran dan pendapat staf  Mabes Polri serta para pimpinan instansi-instansi dan perusahaan perusahaan pengguna jasa Satpam.

Maka  bertepatan dengan ulang tahun satpam yang ke 13 tanggal 30 desember 1993 Kapolri Letnan Jenderal Polisi Drs Banurusman mengukuhkan  Jenderal Polisi (purn) PROF .DR.AWALOEDIN DJAMIN .MPA SEBAGAI BAPAK SATPAM.
Bapak Satpam adalah merupakan gelar kehormatan tertinggi  dilingkungan Anggota Satpam.

Nah begitu ceritanya broo, pengangkatan jenderal polisi(purn) prof.DR.Awaloedin Djamin MPA sebagai bapak Satpam ini mempunyai nilai historis dalam mengukir  sejarah Satpam  di indonesia,karena dengan pengangkatan ini  diharapkan pengembangan organisasi dan profesionalisme Satpam dapat lebih dipacu,terarah,serta dapat menciptakan security mindedness bagi unsur pimpinan dan pelaksana pada instansi instansi dan proyek proyek vital,baik yang bersifat provit oriented maupun  non provit oriented.

Dan juga dimaksudkan untuk mengingatkan kita dan generasi  penerus polri kepada sejarah perkembangan dan perjuangan para pendahulunya dalam mengemban SISKAMTIBMAS SWAKARSA di indonesia khususnya bidang Satpam.

Jadi harapannya kita semua yang berprofesi sebagai Satpam agar tidak lupa dengan sejarah perkembangan Satpam  indonesia,dan tidak lupa dengan jasa perjuangan para pendahulu kita
Semoga SATPAM Indonesia Tetap jaya selalu...



SATPAM JAYA....

1 comment:

Unknown said...

Siapa sih yang tidak tahu mengenai Yogyakarta? Ya, salah satu provinsi yang mendapatkan gelar daerah istimewa ini memang nyatanya sangat istimewa. Yogyakarta banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan hingga wisatawan asing. Kota ini menjadi destinasi wisata menarik baik itu wisata alam ataupun wisata budaya. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan wisata cantik adalah Kabupaten Gunungkidul. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Jogja Gunungkidul yang sayang untuk Anda lewatkan.

adsene